Breaking News

Plastik Dari Karbon Dioksida


Para peneliti telah menemukan sebuah cara untuk mengubah karbon dioksida menjadi etilen. Etilen biasa digunakan untuk membuat polietilena, bahan utama plastik. Mereka telah mengembangkan metode untuk mengubah karbon dioksida menjadi plastik dengan cara yang lebih efisien.

Para peneliti mengatakan, penemuan ini bisa membantu mengalihkan karbon dioksida , yang selama ini menjadi salah satu penyebab utama perubahan iklim. Cara ini juga bisa mengurangi ketergantungan kita pada bahan bakar fosil.

Inti dari penelitian ini adalah reaksi penyusutan karbon dioksida, yang dapat digunakan untuk mengonversi gas ke berbagai jenis zat. Logam lainnya juga bisa digunakan sebagai katalis untuk tipe reaksi ini.

Tapi para peneliti masih memilih tembaga karena penggunaannya bisa mengarah pada produksi etilen. Tembaga merupakan salah satu logam yang dapat memproduksi beberapa senyawa berbeda seperti metana, etilen, dan etanol.

Para peneliti juga berhasil merancang sebuah katalis yang bisa memaksimalkan produksi etilen selama reaksi, dan meminimalisir produksi metana dan karbon dioksida.

Mereka yakin, bahwa penemuannya memiliki efek yang positif. Apalagi jika di gabungkan dengan teknologi ‘menangkap karbon’, metode ini akan bisa mengarahkan kita pada mekanisme yang lebih hijau dalam memproduksi plastik untuk kebutuhan sehari-hari, sambil menyerap gas rumah kaca yang berbahaya bagi lingkungan.

Dengan penemuan ini, masa depan dunia akan dipenuhi dengan teknologi yang bisa membuat limbah menjadi lebih bernilai.

Para peneliti juga sedang berupaya mengembangkan cara baru  dan berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan energi  di masa depan.

Tidak ada komentar