Breaking News

Negeri Dongeng di Dunia Nyata


Mungkin kita pernah teringat akan kisah masa kecil, sebuah cerita unik dan menarik tentang negeri dongeng. Sebuah kisah yang ceritanya tidak pernah lepas dari pemandangan alam yang tidak biasa, istana yang penuh hayalan, taman-taman indah yang penuh fantasi, sungai-sungai yang berwarna-warni, dan arsitektur rumah atau villa yang begitu aneh.  

Namun di dalam kehidupan nyata, semua itu jarang sekali ditemukan, bahkan tidak pernah ada. Mungkin semua itu hanya ada di negeri dongeng saat kita kecil. Sebuah kisah yang dikemas dalam buku cerita dongeng  beserta gambar dan lukisannya.

Tapi siapa sangka, saat ini negeri dongeng itu seperti muncul dan hadir di kehidupan nyata. Meski tidak semirip kisahnya, tapi setidaknya beberapa tempat di belahan dunia ini bisa mengingatkan kita akan negeri dongeng atau negeri hayalan di masa kecil.
Tempat-tempat berikut ini akan mengingatkan anda tentang negeri dongeng di masa kecil.

Colmar, Perancis


Di negara Perancis tempat ini telah dinyatakan sebagai salah satu kota terindah di Eropa. Kota kecil di Alsace ini begitu terkenal karena arsitektur kota tuanya yang berwarna-warni, bangunan kuno, taman, air mancur dan kanal-kanalnya yang disebut sebagai “Venezia Kecil” (La Petite Venesia) sehingga  dijuluki sebagai “Pusat Alsatian Wine”

Kota kecil ini terletak di Alsace, tepatnya di jalur Wine (anggur) Alsatian, Perancis. Kota ini beriklim hangat dan terkering kedua  di Perancis yang tentunya sangat ideal untuk perkebunan anggur.

Bahkan beberapa orang menyebut kota ini sebagai Ibu Kota Anggur. Frederic Bartholdi, desainer Patung Liberty di New York dan pelukis Martin Schongauer juga dilahirkan di kota ini.

Pulau Faroe, Islandia Norwegia


Sepintas pulau ini seperti tempat tinggal para hobits dan elves di film “The Lord of The Rings”. Namun siapa mengira jika pulau ini berlokasi di antara Iceland dan Norwegia, di tengah-tengah Gulf Stream, Samudera Atlantik Utara. 

Secara keseluruhan pulau ini terdiri dari 18 pulau, dan berada di puncak Vulkanik serta ombak samudera yang menghantam pantai. Pulau ini dikenal misterius dan memiliki sisi magis yang masih kental.

Kastil Neuschwanstein, Jerman


Secara kasat mata, Castle  ini seperti Istana Disneyland yang dihuni putri-putri cantik berambut emas. Tapi pada kenyataannya, Castle  ini hanya sebuah istana peninggalan raja Ludwig II dari abad ke-19. 

Castle ini benar-benar nyata dan dikontruksi di atas sebuah bukit kecil di salah satu wilayah di Jerman. Castle ini juga di fasilitasi dengan toilet di setiap lantainya dan memiliki saluran air yang mengalir terus-menerus. 

Cappadocia, Turki


Negeri magis ini berasal dari tanah liat dan terletak di Cappadocia, Turki. Daerah ini begitu terkenal di Turki untuk kerajinan pot serta formasi batu yang terlihat begitu unik. Pada zaman dahulu, rakyat di daerah ini mengukir rumah-rumah mereka dan tempat ibadah di batu-batu tersebut. 

Wilayah ini juga terkenal dengan formasi batu aneh yang disebut Cerobong Peri.  Formasi batu tersebut bisa ditemukan dalam berbagai bentuk, seperti cone, jamur, kolom dan batu lancpi. Tradisi tanah liat dan keramik di Turki bermula dari abad ke-8 yang merupakan kerajinan tertua di dunia.

Hoi An, Vietnam


Kota kecil di Vietnam ini dikenal sangat unik dan terlihat begitu klasik. Kota indah ini merupakan rumah bagi lentera sutra dan terletak di pantai Laut China Selatan.

Pada masa lalu, kota ini merupakan sebuah pelabuhan tua dan pusat perdagangan yang begitu terkenal di kawasan Asia Tenggara. 

Greenland


Seperti lukisan, itulah Greenland  sebuah tempat terpencil  yang masih sulit dijangkau oleh dunia luar. Greenland merupakan sebuah alam liar yang belum tersentuh dan belum memiliki banyak jalan untuk di akses. 

Rumah-rumah disini berwarna-warni dengan jumlah penduduk hanya beberapa orang. Cuaca disini begitu dingin, wilayahnya di tutupi salju, dan dikelilingi oleh gunung es. Di tempat ini juga tidak ditemukan pepohonan, bahkan suasananya seperti di alam lain.

Venezia, Italy


Fantastis, Venezia memang salah satu kota paling indah di dunia. Arsitektur kota ini begitu melegenda, yang dikenal sebagai percampuran antara budaya Romawi, Yunani dan Mesir kuno. Bahkan sistem perairan disini merupakan yang terbaik di seluruh dunia.

Kota yang terletak di sepanjang 117 pulau kecil ini memiliki 455 jembatan dan ratusan kanal yang dibangun pada abad ke-9.  Letak tata kota Venezia berada di tepian Laut Adriatik, berjarak sekitar 260 km dari timur kota Milan, Italy. 

Kathmandu, Nepal


Tanah para dewa, julukan inilah yang melekat pada kota ini. Terlihat begitu indah, klasik dan beraura spiritual. Kota ini bernama Kathmandu yang merupakan ibukota dari negara Nepal. Sebuah tempat yang begitu eksotis, dikelilingi oleh gunung-gunung tinggi dan kuil-kuil kuno dengan altar beraksitektur tradisional.

Pemandangan di tempat ini seperti di alam khayangan yang penuh dengan fantasi, mungkin sesaat kita akan lupa jika tempat ini masih berada di dunia.

Hutan Bambu, Jepang


Pemandangan hutan bambu ini menyerupai latar di film Crouching Tiger Hidden Dragon or House of Flying Daggers, atau film-film klasik bertema samurai dan pendekar China. Namun ternyata hutan ini berlokasi di Tokyo Jepang, dan tidak ada hubungannya dengan film-film tersebut.  

Dalam budaya Asia, bambu dianggap sebagai lambang dari umur panjang di China, symbol persahabatan di India dan di Jepang. Bahkan banyak diantara kuil-kuil Shinto yang dikelilingi oleh hutan bambu.

Sintra, Portugal


Villa atau istana indah ini terlihat seperti tempat tinggal para puteri-puteri cantik dari negeri dongeng. Tapi dalam kenyataannya, tempat ini merupakan salah satu dari 3 castle yang begitu terkenal di Portugal.

Castle tersebut antara lain, Istana Perrna, Castle The Mouro (The Castelo dos Mouros), dan Istana Nasional Sintra (Palacio Nacional de Sintra). Istana ini terletak di atas bukit di pegunungan Sintra yang merupakan taman paling besar di Lisbon.

Mungkin hanya itu beberapa negeri dongeng yang benar-benar ada di kehidupan nyata. Meski tidak semirip ceritanya, namun tempat-tempat tersebut cukup mengingatkan kita tentang negeri dongeng di masa kecil. Sebuah tempat di dunia yang cukup unik dan bisa dikatakan mirip dalam kisah-kisah di negeri dongeng.

Tidak ada komentar