Breaking News

Benda - Benda Peninggalan Rasulullah, Nabi Muhammad saw


Siapa yang tidak mengenal Rasulullah (Nabi Muhammad saw), seorang manusia yang begitu istimewa dan dikenal sebagai kekasih Tuhan, baik di dunia maupun di akherat. Beliau adalah seorang Nabi terakhir yang diutus ke dunia, sekaligus penutup para Rasull. 

Nabi Muhammad saw juga dikenal sebagai pemimpin besar umat Islam, dan telah ditasbihkan sebagai tokoh nomer satu serta paling berpengaruh  di dunia ini. 

Nabi Muhammad saw merupakan anak dari Abdullah dan Siti Aminah. Beliau dilahirkan di Mekkah, Arab Saudi, pada hari senin tanggal 12 Rabiul Awal tahun 570 masehi, dan wafat di Madinah, Arab Saudi, pada hari senin bulan Shafar  11 Hijriah (8 Juni tahun 632 masehi) di usia yang ke-63 tahun.

Semasa hidupnya, Nabi Muhammad saw diketahui mempunyai 13 orang istri. Nama-nama istri beliau antara lain,
  1. Khadijah bin Khuwalid, 
  2. Saudah bin Zam’ah bin Qois, 
  3. A’isyah bin Abu Bakar As Siddiq, 
  4. Zainab bin Khuzaimah, 
  5. Hafshah bin Umar bin Khatab, 
  6. Ummu Salamah Hindun bin Abu Umayyah, 
  7. Zainab bin Jahsy bin Rabab, 
  8. Juwairiyah bin Al Harits, 
  9. Ummu Habibah bin Abu sofyan, 
  10. Shafiyah bin Huyai bin Akhtab, 
  11. Maimunah bin Al Harits, 
  12. Mariyah Al Qibthiyah,
  13. Raihanah bin Zaid Al Quradziyah.
Dari pernikahannya tersebut, Nabi Muhammad saw memiliki 7 orang anak yaitu, Qasim, Zainab, Ruqayyah, Ummu Kultsum, Abdullah, Fatimah Az Zahra, dan Ibrahim.

Menurut catatan sejarah Islam, Nabi Muhammad saw diangkat menjadi Nabi dan Rasull pada usia 40 tahun. Pada tahun 611 masehi, Nabi Muhammad saw telah berterusterang kepada umatnya, bahwa dirinya merupakan seorang Nabi dan Rasull terakhir yang diutus ke dunia ini, serta diberi mukjizat berupa Kitab Suci Al-Quran.

Selama hidupnya, Nabi Muhammad saw dikenal memiliki ahlak yang sangat terpuji dan mempunyai  beberapa mukjizat yang begitu luar biasa. Di zamannya, Islam berada di puncak kejayaan, hingga mampu menguasai hampir separuh dunia, dari mulai benua Eropa, Afrika, hingga daratan Asia berhasil ditahlukkan, bahkan sebagian besar manusia di dunia ini telah menjadi pengikutnya. 

Namun masa keemasan Islam telah berakhir, hal tersebut di awali dengan wafatnya sang pendiri Agama Islam, Rasulullah (Nabi Muhammad saw), dan diikuti dengan meninggalnya para sahabat Rasulullah yang merupakan penerus sekaligus penggantinya di dunia ini. 

Bahkan, kekhalifaan Islam (Kerajaan Islam) kini telah terpecah dan menjadi beberapa negeri yang berdiri sendiri. Saat ini, negeri-negeri pecahan Islam (Kekhalifahan Islam) di kenal sebagai negara-negara Arab (Uni Arab) yang berada di kawasan jazirah Arabia, Timur Tengah.

Meskipun Nabi Muhammad saw telah wafat dan pulang ke surga, namun benda - benda peninggalan Rasulullah (Nabi Muhammad saw) sampai sekarang masih ada, tersimpan dengan baik, serta bisa dilihat dan ditemui. Benda atau barang peninggalan Rasulullah itu antara lain, 

Baju Gamis Rasulullah
Bagian Baju Gamis Rasulullah Yang Sobek

Jubah Yang Pernah Dipakai Rasulullah

Sorban Yang Pernah Dipakai Rasulullah

Topi Besi Rasulullah Yang Digunakan Saat Berjihad

Peci, Selimut dan Tongkat Milik Rasulullah

Mangkuk Tempat Minum Rasulullah

Beberapa Sandal Terumpah Milik Rasulullah


Beberapa Pedang Milik Rasulullah
 

Busur Panah Milik Rasulullah

Wadah Kotak Gigi Rasulullah
 

Kotak Milik Sayyidah Fatimah Az Zahra ra

Kunci Ka'bah Zaman Rasulullah
Bendera Yang Dibawa Saat Berjihad Di Medan Perang


Beberapa Helai Rambut Rasulullah


Gigi dan Rambut Rasulullah

Jejak Kaki Rasulullah 
 


Cap Surat dan Stempel Milik Rasulullah

Surat Rasulullah Kepada Raja Heraclius


Surat Rasulullah Kepada Raja Nijashi, Raja Habsyah


Surat Rasulullah Kepada Rakyat Oman
 


Surat Rasulullah Kepada Kaisar Romawi Abad ke-7


Surat Rasulullah Kepada Raja Muqauqas, Mesir
 

Barang peninggalan Rasulullah lainnya berada di Masjid Heart of Chechnya, Chechnya, Rusia. Benda atau barang tersebut berupa sebuah cawan yang diwariskan ke Fatimah Azzahra dan ali, lalu ke Hassan dan husein, kemudian diwariskan secara turun temurun. 

Peninggalan lainnya berupa sebuah stempel berbentuk cincin dengan stempel bertuliskan “Muhammad Rasull Allah” yang terbungkus dengan Kristal berukuran 3x4 inci dengan batas gading dan disimpan di dalam kotak kayu kecil berwarna hitam.

Menurut cerita, saat benda atau barang peninggalan Rasulullah (Nabi Muhammad saw) diperlihatkan dan di pamerkan di museum, ada beberapa orang yang jumlahnya sekitar ratusan telah menangis dan meneteskan air mata dikarenakan terharu. Bahkan ada dari sebagian pengunjung yang pingsan dan tidak sadarkan diri saat pertama kali melihat benda peninggalan Rasulullah tersebut. 

Benda atau barang peninggalan Rasulullah (Nabi Muhammad saw) kebanyakan merupakan koleksi yang tersimpan dari berbagai tempat di sejumlah negara, seperti Museum Topkapy di Istambul Turki, Arab Saudi, Yordania, Irak, dan Negara-negara Timur Tengah lainnya.

Mungkin hanya itu, sedikit peninggalan dari Rasulullah (Nabi Muhammad saw) yang masih ada dan tersimpan dengan baik hingga saat ini. Akhir kata, semoga peninggalan-peninggalan tersebut dapat menguatkan iman kita sebagai seorang muslim, serta menambah keyakinan kita bahwa kisah tentang Rasulullah benar-benar nyata, fakta dan terbukti kebenarannya.

Tidak ada komentar