Breaking News

Meteor Meledak Saat Melewati Atmosfer Bumi


Ketika sebuah meteor meluncur  ke bumi, udara yang bertekanan tinggi di depannya akan masuk ke dalam pori-pori dan retakannya. Hal ini mendorong bagian meteor tersebut terpisah dan kemudian meledak.

Setidaknya kita harus bersyukur karena mempunyai atmosfer yang begitu kuat. Yang mampu melindungi kita dari bahaya meteor yang jatuh dan masuk ke dalam bumi.

Ketika melewati atmosfer, meteor akan meledak dan tidak akan membahayakan penduduk bumi, karena saat memasuki langit-langit bumi sudah berupa puing-puing kecil bahkan ada sebagiannya yang tidak berbekas.

Sebuah penelitian terbaru juga menegaskan kembali akan hal ini. Bahkan hasil dari penelitian tersebut dapat menjelaskan secara lebih rinci, mengapa meteor meledak saat melewati atmosfer planet bumi.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Meteoritics dan Planetary Science itu menyebutkan, bahwa atmosfer bumi merupakan perisai yang lebih baik untuk meteoroid daripada yang diungkapkan pada penelitian sebelumnya.

“Ada perbedaan besar antara udara bertekanan tinggi di depan meteor  dan kekosongan udara di belakangnya. Jika udara bisa bergerak melalui bagian-bagian di meteoroid, ia dapat dengan mudah masuk ke dalam dan mengembuskan potongan”, kata Jay Melosh, Profesor Ilmu Bumi, Atmosfer, dan Planet di Universitas Purdue, Amerika Serikat . dikutip dari Sci-News

Meteoroid seperti tumpukan reruntuhan yang penuh dengan patahan dan pori-pori. Profesor Melosh dan krunya menemukan sebuah mekanisme pengaliran udara saat mensimulasikan kembali ledakan meteor di Chelyabinsk, Rusia pada 2013 lalu. Saat itu, meteor sebesar 20 meter ini meledak sekitar 29 kilometer di atas Pegunungan ural, Rusia.

Energi dari ledakan ini sebanding dengan senjata nuklir kecil, dan terlihat seperti sebuah bola api yang terang. Meteor ini memiliki bobot kurang lebih 10.000 ton, tapi ketika mencapai permukaan tanah puing-puing yang ditemukan hanya tinggal 2000 ton.

Hal ini menunjukan, bahwa telah terjadi sesuatu di atmosfer bagian atas, hingga dapat mengikis dan menghancurkan meteoroid tersebut. Meskipun mekanisme ini dapat melindungi penghuni bumi dari meteoroid kecil, tapi sebuah meteoroid besar tidak akan terpengaruh dan terganggu oleh atmosfer bumi. Bahkan meteoroid besi jauh lebih padat dan cenderung mampu mencapai permukaan bumi.

Tidak ada komentar