Breaking News

Kota Kuno Mesir Ditemukan Di Dasar Laut





Kota yang selama berabad-abad hanya di anggap sebagai legenda, telah ditemukan di dasar laut teluk Aboukir, Mesir. Kota ini berasal dari abad ke-6 SM.

Penemuan ini merupakan temuan besar dalam komunitas pelestarian warisan sejarah dunia. Ada banyak benda purbakala yang ditemukan, salah satunya adalah patung raja dan ratu yang terukir indah pada granit merah setinggi lebih 15 kaki, biji tambang dan emas, selain itu juga terdapat kuil megah dan sebuah monumen. 

Benda-benda purbakala itu antara lain :
  • Patung Firaun setinggi 15 kaki. Patung ini ditemukan di sekitar sebuah kuil besar di bawah laut. Disitu juga terdapat kepala patung god Hapi yang terukir dari granit merah, god Hapi adalah dewa air bah sungai nil yang cukup terkenal.
  • Masa dari pilar kuil diketahui berasal dari abad ke-2 SM dan telah terpecah menjadi 17 keping. Saat ditemukan, masing-masing pecahannya telah ditemukan dan kini telah disatukan kembali.
  • Sebuah plat berwarna kuning emas. Di dalam plat tersebut terdapat tulisan Yunani, terlihat seperti tanda tangan sang raja, yang menyatakan ia yang bertanggung jawab atas pembangunan wilayah tersebut. (Raja Ptolemy III, 246-222 SM).
  • Patung dewa Mesir Osiris. Mata dari patung ini dihiasi dengan serpihan emas. Disitu juga terdapat sebuah lampu yang terbuat dari perunggu, masanya diketahui berasal dari abad ke-2 SM.
  • Prasasti kuno Mesir. Prasasti tersebut diukir dengan huruf yang bertuliskan, yang dibangun atas perintah Firaun Nectanebo I antara kurun waktu tahun 378 – 362 SM. Prasasti itu telah terkubur di dasar laut selama 1200 tahun.
  • Batu yang berisi serpihan emas. Diketahui berasal dari abad ke-6 SM.
  • Tatakan berlapis emas yang digunakan untuk menyimpan minuman.
  • Patung Ptolemiac Queen. Kemungkinan adalah Cleopatra II atau Cleopatra III dengan balutan busana seperti goddess Isis yang terbuat dari granit merah, ditemukan disekitar kota Heracleion. Patung tersebut memiliki berat 4 ton.
  • Sebuah barang kerajinan seni yang indah, patung batu berwarna gelap dengan ukiran wajah ratu Yunani, Mesir. Ukuran kepala patung diketahui lebih dari lima meter, terukir dari granit merah.
  • Patung dengan wujud Firaun kecil dinasti ke-26 yang terbuat dari perunggu. Ditemukan di dalam kuil kota Heracleion yang tenggelam di dasar laut.
Penemuan para arkeolog ini merupakan temuan besar yang sangat bersejarah bagi dunia. Sampai saat ini, para peneliti dari berbagai belahan dunia masih berupaya untuk meneliti dan memahami kota kuno Mesir  yang tenggelam tersebut.

Fakta ini menunjukan, bahwa kota kuno Mesir yang tenggelam di dasar laiut selama berabad-abad  lamanya ini belum pernah tersentuh. Terlebih lagi dengan kemegahannya, sungguh menakjubkan.

Tidak ada komentar