Breaking News

Kuil Kuno Berusia 6000 Tahun Ditemukan di Ukraina

Beberapa waktu yang lalu tim arkeologi Ukraina telah menemukan sebuah kuil kuno berusia sekitar 6000 tahun yang terdiri dari sejumlah fragmen, ornamen, serta beberapa patung mirip manusia dan hewan. 

Kuil kuno tersebut pertama kali ditemukan pada tahun 2009. Terletak di sebuah pemukiman prasejarah di dekat Kota Nebelivka, Ukraina. Saat ditemukan, sisa-sisa reruntuhan kuil kuno tersebut diprediksi memiliki tinggi bangunan sekitar 197 kaki (20 meter).

Para arkeolog juga menemukan sisa-sisa platform dari tanah liat yang digunakan sebagai altar. Di lantai atas kuil juga ditemukan sebuah platform yang mengandung banyak tulang domba yang dibakar, platform tersebut kemungkinan digunakan sebagai alat pengorbanan pada upacara adat.

Saat diteliti, lantai dan dinding kuil pada kelima kamar telah dicat dengan warna merah yang mencerminkan suasana upacara. Bahkan pada lantai dasar, para peneliti juga menemukan tujuh platform tambahan serta tulang-belulang hewan dan potongan dari tembikar.

Hasil studi penelitian yang dilakukan dengan menggunakan survey geofisika menunjukkan, bahwa pemukiman prasejarah tersebut memiliki luas area sekitar 238 hk, hampir dua kali ukuran Nasional Mall di Washington DC. yang isinya lebih dari 1.200 bangunan dan 50 jalan.

Menurut para ahli, sejumlah situs prasejarah di Ukraina dan beberapa negara Eropa Timur lainnya disebut-sebut  sebagai pemilik kebudayaan Trypilian,  sebuah nama yang berasal dari desa di Ukraina dimana situs prasejarah tersebut pertama kali ditemukan.

 
Sejumlah fragmen, ornamen, dan patung yang ditemukan di kuil ini mirip dengan manusia dan hewan. Hampir sama dengan beberapa temuan di situs Trypilian lainnya. Patung-patung tersebut memiliki hidung seperti paruh dengan mata yang berbeda-beda antara satu sama lainnya. 

Bahkan tim arkeolog juga menemukan ornamen yang terbuat dari tulang dan emas.  Para ahli menduga jika ornamen emas tersebut digunakan sebagai hiasan rambut saat melakukan ritual upacara adat.
Berdasarkan temuan kuil kuno  yang telah ditemukan di Ukraina, kemungkinan di masa lalu Eropa juga menyimpan sebuah peradaban dan kebudayaan kuno yang tersembunyi.

Meskipun sejarah mengatakan Mesopotamia dan Mesir kuno merupakan pusat peradaban di masa lalu, namun temuan tersebut setidaknya memberikan bukti bahwa Eropa kuno juga memiliki peradaban dan kebudayaan kuno yang cukup maju.

Tidak ada komentar