Breaking News

Makam Dinasti ke-11 Firaun Berusia 4000 Tahun Ditemukan di Luxor, Mesir


Sebuah makam yang diduga milik keluarga istana kerajaan Firaun telah ditemukan oleh arkeologi Spanyol di Luxor, Mesir. Makam ini kemungkinan berasal dari Dinasti ke-11 dan berusia sekitar 4000 tahun.

Makam berusia 4000 tahun ini ditemukan di tepi barat Sungai Nil, letaknya di area pemakaman Dra Abu El-Naga, di kota kuno Thebes. Bahkan ada beberapa jenazah manusia lainnya yang tersebar hampir di seluruh ruang pemakaman, sekitar 20 meter di bawah tanah yang panjang.

Disekitar makam juga telah ditemukan beberapa artefak kuno, seperti tembikar, manik-manik, dan patung yang berasal dari Dinasti ke-17, sekitar 400 tahun kemudian. 

Jose Galan, ketua tim penggalian mengatakan, “makam di perkuburan Dra Abu El-Naga ini kemungkinan peninggalan Dinasti ke-11 (2125-1991 SM), atau periode kehidupan Raja Firaun di Mesir dan Desentralisasi setelah runtuhnya kerajaan lama.”

Menurut para ahli, Dra abu El-Naga merupakan salah satu area pemakaman terpanjang di wilayah Mesir kuno.  Bahkan area ini pernah digunakan sebagai tempat pemakaman antara kerajaan tengah dan masa awal Agama Kristen (koptik) yang mencakup 2500 tahun.

Sejarawan Mesir mengatakan, “Dra Abu El-Naga adalah tanah pemakaman suci pada masa Mesir kuno yang posisinya tepat diseberang Kuil Karnak. Tempat ini diketahui sebagai pusat Kultus Amun utama dari tengah raya dan menjadi salah satu kuil Mesir kuno yang paling penting selama kerajaan baru.”

Hingga saat ini, penggalian yang telah dilakukan oleh tim arkeolog telah menemukan lebih dari 160 makam para bangsawan Mesir, sejumlah makam pejabat istana Firaun, dan beberapa makam imam Mesir kuno. Bahkan ratusan mumi dan harta karun terpendam juga ditemukan di sekitar area makam.

Tidak ada komentar