Breaking News

Gas Yang Menyebabkan Lapisan Ozon Menipis


Lapisan ozon adalah lapisan yang sangat berguna untuk bumi, lapisan ini berada di atmosfer bumi, tepatnya di lapisan stratosfer. Lapisan ozon sangat penting bagi bumi, karena memiliki fungsi yang sangat vital sebagai penghambat sinar ultraviolet yang berasal dari matahari.

Sinar ultraviolet sangat berbahaya bagi bumi dan penghuniya, karena dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit dan virus-virus yang mematikan bagi semua  mahluk hidup yang ada di bumi. Lapisan ozon berfungsi sebagai filter, lapisan ini bekerja dengan cara menyerap dan menetralkan sinar ultraviolet yang masuk sebelum sampai ke permukaan bumi dan mengenai para penghuninya,  manusia , hewan dan tumbuhan. Jadi, sinar ultraviolet dan cahaya matahari yang kita rasakan sehari-hari tidak langsung , tapi terlebih dahulu di filter di lapisan ozon yang berada di atmosfer bumi. 

Lapisan ozon meliliki beberapa fungsi yang sangat penting dan vital, salah satunya untuk mengatur jumlah sinar ultraviolet yang masuk ke bumi. Dapat melindungi bumi supaya sinar ultraviolet tidak langsung mengenai permukaan bumi. Mampu menyerap dan memfilter sinar ultraviolet. Bisa menjaga suhu di bumi supaya tetap stabil, serta melindungi permukaan bumi dari benda langit yang jatuh, seperti asteroid, meteoroid, komet dan lainnya.

Selama dekade ini, lapisan ozon telah mengalami kerusakan yang cukup serius. Semakin lama lapisan ozon semakin menipis, ini merupakan wujud dari kerusakan yang terjadi pada lapisan ozon. Lapisan yang menipis akan berakibat berlubangnya lapisan ozon. Jika hal ini terjadi, maka lapisan ozon tidak bisa menjalankan fungsinya secara maksimal. 

Ada banyak sebab yang mengakibatkan menipisnya lapisan ozon di atmosfer bumi, salah satunya karena gas. Gas yang dapat menyebabkan menipisnya lapisan ozon, antara lain ; Chloro Fluoro Carbon (CFC), Halons, Karbon Tetraklorida, Bromida, Senyawa Klorin yang mengandung Metil Klorofon, dan gas lainnya yang melepaskan Klorin atau Bromin saat pecah. Gas-gas yang dapat mengakibatkan menipisnya lapisan ozon setiap harinya di produksi oleh manusia. Bahkan ada yang di pergunakan sebagai suatu alat yang di pakai untuk membantu melakukan aktifitas sehari-hari. Hal inilah yang menyebabkan lapisan ozon menipis setiap harinya. Jika ini terjadi terus-menerus, maka lapisan ozon yang menipis akan berubah menjadi berlubang.

Dalam kegiatan sehari-hari, pemakaian benda-benda, atau alat tertentu  yang dapat menyebabkan penipisan lapisan ozon, antara lain ; pemakaian kendaran berbahan bakar minyak bumi yang terlalu banyak, asap yang di keluarkan oleh pabrik-pabrik, penggundulan hutan berskala besar dan terjadi terus-menerus, pemakaian AC dan hair dryer secara berlebihan, bahan kebutuhan rumah tangga yang mengandung zat kimia berbahaya, serta pemakaian pestisida yang terlalu berlebihan.

Kegiatan dan pemakaian benda atau alat tersebut  secara tidak langsung telah membuat lapisan ozon di atmosfer bumi menipis. Seandainya ini berlangsung terus-menerus, maka  lapisan ozon yang menipis secara perlahan akan berubah menjadi berlubang. Jika terjadi hal yang demikian, maka fungsi lapisan ozon tidak akan berjalan secara optimal.


Tidak ada komentar