Breaking News

Makam Kuno Berusia 4.400 Tahun Ditemukan di Mesir


Sebuah makam kuno telah ditemukan di Mesir. Usia makam ini sekitar  4.400 tahun, di duga milik Hetpet, seorang pendeta wanita untuk Harthor (dewi kesuburan, keibuan, dan cinta). 

Di sekitar makam kuno tersebut terdapat sebuah lukisan dinding yang begitu indah. Lukisan ini termasuk langka, karena sebelumnya tidak pernah ditemukan pada makam-makam lain yang pernah ditemukan. Para arkeolog meyakini, makam kuno beserta lukisan dindingnya milik seorang pendeta kuno di Mesir.

Sekretaris Jendral Dewan Purbakala Mesir, Mostafa Waziri mengatakan, “makam tersebut diduga milik seorang pendeta wanita bernama Hetpet. Makam itu dalam kondisi sangat baik. Ada penggambaran aktivitas masyarakat tradisional saat itu, berburu binatang, menangkap burung, mempersembahkan kurban, tentara, dan mengumpulkan buah-buahan.”


Menurut cerita, Hetpet  adalah seorang pendeta untuk Harthor. Harthor merupakan seorang dewi yang digambarkan sebagai seekor sapi dan dilambangkan sebagai dewi kesuburan, keibuan, dan cinta. 

Banyak yang meyakini bahwa pendeta tersebut sangat dekat dengan para bangsawan dan pejabat tinggi kerajaan Mesir pada masa dinasti kelima. 


Menteri Benda Antik Mesir, Khaled el Enany menjelaskan, “gambar di dinding makam menunjukan aktivitas perburuan dan penangkapan ikan hembel. Dinding tersebut juga menggambarkan tarian dan pertunjukan musik, serta kera yang merupakan hewan peliharaan. Hetpet adalah pejabat tinggi yang memiiki hubungan kuat dengan istana kerajaan.”


Bagi para arkeolog dan Pemerintah Mesir, temuan situs makam tersebut merupakan penemuan yang sangat berharga. Penggalian dan penelitian juga akan terus dilanjutkan,  hal ini dilakukan untuk menemukan penemuan-penemuan baru yang mungkin masih tersimpan dan tersembunyi di bumi Mesir.

Tidak ada komentar