Breaking News

Misteri Munculnya Pulau Niijima di Laut Jepang


Sebuah pulau baru telah terbentuk dan muncul di atas permukaan laut setelah meletusnya gunung berapi bawah laut.  Peristiwa tersebut terjadi di perairan laut sekitar 1000 km sebelah selatan Tokyo, tepatnya di lepas pantai Nishinoshima, Ogasawara, Jepang. 

Pulau kecil ini dinamai Niijima dan berada pada 20 meter sampai 25 meter di atas permukaan laut. Luas pulau ini sekitar 200 meter. Namun pada Januari 2014, Pulau Niijima telah meluas menjadi 56.000 meter persegi, atau sekitar tiga kali dari ukuran awalnya.


Para Ilmuwan dari Badan Meteorologi Jepang mengatakan, “Pulau Niijima cukup besar untuk bertahan selama beberapa tahun, bahkan mungkin secara permanen. Pulau yang memiliki diameter 200 meter tersebut muncul di lepas pantai Nishinoshima, di antara gugusan kepulauan Bonin,”  

Menurut keterangan dari warga setempat, jumlah gugusan pulau-pulau kecil tak berpenghuni tersebut sekitar 30 pulau. Lokasinya berada di sebelah selatan Tokyo dan terletak di kawasan lempeng Pasifik seismik aktif yang dikenal sebagai cincin api.


Pulau tersebut mengeluarkan asap tebal, abu vulkanik, dan bebatuan yang menyembur dari kawah dengan uap yang mengepul ke langit.

Ahli Vulkanologis Hiroshi Ito, mengatakan, “Ada kemungkinan pulau tersebut akan terbentuk sacara permanen. Namun tidak menutup peluang, jika suatu hari nanti pulau tersebut bakal terkikis oleh arus laut.”

Pada pertengahan tahun 1970-an, di wilayah ini tercatat pernah terjadi letusan gunung berapi. Saat gunung berapi tersebut meletus, sebagian besar  aktivitas vulkaniknya terjadi di dasar laut pada kedalaman ribuan meter. Lokasinya di sekitar palung Izu, Ogasawara Marianas.


Menurut para ahli, pulau ini terbentuk dari aktivitas vulkanik di sebelah barat dari cincin api Pasifik. Pulau baru tersebut sangat dekat dengan Nishinoshima. Pulau vulkanik lainnya yang terakhir kali meletus dan membesar terjadi pada tahun 1973. Saat dilihat dari satelit NASA, kedua pulau tersebut sangat dekat dan hampir menyatu.

Meskipun luas Pulau Niijima ini tidak seberapa, namun kemunculan pulau ini telah menambah wilayah daratan baru bagi Negeri Sakura, bahkan disambut hangat oleh Pemerintah Jepang. 

Yoshihide Suga, Menteri Sekretaris Kabinet Jepang, mengatakan, “Kemunculan pulau baru ini pernah terjadi sebelumnya. Namun dalam beberapa kasus, ada juga pulau-pulau kita yang justru menghilang karena tenggelam.”


Kemunculan Pulau Niijima membuat beberapa warga Jepang merasa takjub, bahkan tidak sedikit dari masyarakat yang ingin mendekatinya. Namun dikarenakan kondisinya yang belum memungkinkan, Pemerintah Jepang melarang warganya untuk mendekati pulau tersebut.

Hingga kini, beberapa tim ahli masih melakukan studi penelitian di Pulau Niijima. Mereka sangat kagum atas fenomena alam yang muncul dari dasar laut tersebut. Peristiwa munculnya Pulau Niijima termasuk langka, bahkan merupakan sebuah keajaiban alam yang jarang sekali terjadi.

Tidak ada komentar